Tips Merawat Mobil Kesayanganmu di Musim Hujan

Hujan mengguyur dari pagi hingga pagi lagi menjadi hal biasa ketika musim hujan seperti sekarang. Mengingat air hujan mengandung kadar garam yang tinggi, tentu menjadi hal yang sangat penting bagi kalian pengguna mobil pribadi untuk lebih ekstra dalam memperhatikan perawatan mobilmu. 

Pastikan kamu melakukan perawatan mobilmu dengan benar ya, agar mobil kesayanganmu tetap dalam keadaan prima. Jangan sampai di musim penghujan ini mobilmu malah sering bermasalah atau malah bisa mengancam keselamatanmu.  

Berikut  ini CARfix punya tips merawat mobil kesayanganmu di musim hujan yang perlu kamu perhatikan. Yuk disimak, sob.

Rajin Mencuci Mobil
Bagi sebagian orang, mungkin mencuci mobil di musim hujan sangat malas untuk dilakukan. Percuma dicuci, kan nanti kehujanan lagi. Eits, jangan salah sob. Justru mencuci mobil ketika hujan sangat perlu lho dilakukan untuk menggurangi risiko karat. Setelah kehujanan, segera bilas mobilmu dengan air bersih dan dilap hingga kering. Jangan sampai ketika air hujan bercampur dengan polusi, kamu biarkan mengering dengan sendirinya, atau mobilmu akan cepat berjamur dan berkarat. Hiii.

Parkir Mobil di Tempat Tertutup.
Usahakan ketika musim hujan selalu memarkirkan mobilmu di tempat yang kering dan tertutup ya, sob untuk menghindari mobilmu kehujanan. Apabila terpaksa untuk parkir di tempat terbuka, jangan lupa untuk memakaikan cover mobil untuk melindungi mobilmu dari air hujan. Saat berada di rumah juga pastikan mobilmu masuk ke garasi. 

Periksa Kebocoran Air
Hal penting yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memeriksa apakah ada kebocoran di mobilmu. Hal ini perlu dilakukan jika mobilmu sudah berusia cukup lama, yang memungkinkan terjadinya kebocoran-kebocoran pada mobil yang berisiko membuat mobilmu karatan dan keropos. Jika terdapat rembesan air, segera bawa mobilmu ke bengkel, ya. 

Perhatikan Kondisi Ban
Jalanan licin di musim hujan membuat mudah tergelincir. Untuk menghindari hal tersebut, selalu periksa kondisi banmu. Pastikan masih layak untuk digunakan, jangan sampai banmu sudah botak karena akan mengurangi daya cengkeram ban di jalanan basah yang licin dan mobilmu berisiko tergelincir. 

Perhatikan Kondisi Rem
Kondisi rem mobilmu merupakan hal yang sangat perlu kamu perhatikan ketika musim hujan. Selalu cek ketebalan kampas rem mobilmu, karena kampas rem yang sudah habis akan sangat berbahaya. Jarak pengeremanmu akan semakin jauh dan bisa berakibat fatal ketika melakukan pengereman di musim hujan. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan berkala untuk menjaga performa rem mobilmu. 

Jaga Kondisi Wiper
Saat hujan datang wiper merupakan komponen mobil yang sangat penting. Karena berhubungan dengan keleluasaanmu memandang ketika menyetir saat hujan turun. Jangan sampai kondisi wipermu yang kurang oke menyebabkan pandanganmu terbatas atau malah tidak bisa melihat sama sekali. Wah, bahaya sekali sob. Jangan lupa untuk cek kualitas karet wipermu, jika karet sudah menipis dan kerjanya kurang maksimal, segera ganti ya. 

“Kondisi mobil memang perlu perhatian ekstra ketika musim hujan demi keselamatan diri sendiri dan keluarga.” Tutur Fadly Hasan, Marketing Director CARfix Indonesia. 

Untuk lebih menjaga kondisi mobilmu di musim hujan, segera service rem dan ganti wipermu di CARfix. CARfix menghadirkan paket spesial yaitu PAKET SIAP TERJANG HUJAN yang terdiri dari Service Rem 4 Roda, Wiper Depan Blade Fortag (1 pasang), dan Fortag Wiper Fluid. Harganya mulai dari 400 ribuan aja loh, Sob. Dengan Paket ini, dijamin berkendaramu di musim hujan akan lebih aman dan nyaman. 

Selain itu, untuk mencegah sesuatu yang tidak kamu inginkan terjadi saat berkendara di musim hujan, jangan lupa untuk rutin melakukan Service Berkala mobil kesayanganmu di outlet CARfix, meliputi tune up,  service rem, kelistrikan, cek pelumasan, dan penggantian part. 

Yuk, segera lakukan pembelian voucher Paket Siap Terjang Hujan maupun Service Berkala di online store CARfix di Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JDID, lalu datang ke outlet CARfix terdekatmu bersama mobil kesayanganmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *